5.1.06

Keseketikaan


Pernah ga' kita nyadarin bahwa secara alamiah, sesungguhnya kita nolak cara-cara kesetikaan dalam ngeraih sesuatu??

Seorang calon ayah yang lagi nantiin kelahiran anaknya begitu pengen kalo anaknya kelak jadi ilmuwan seperti saya, eh salah ding, kaya om Albert Einstein. Tapi dia nolak keseketikaan, dalam arti dia ga' mau pas anaknya lahir langsung berkumis tebal, rambut kriting lose control, dengen jidat penuh kerutan, like penemu teori relativitas itu. Si calon ayah, emanng pengen anaknya kaya Einstein, but dengan nerima keseketikaan dia bakal kehilangan kesempatan buat nyaksiin saat-saat penting waktu potensi-potensi dalam dir anaknya ngumpul jadi satu, yang kemudian ngebuat anaknya jadi sehebat Einstein. Padahal, ortu si Einstein justru nyaksiin saat-saat berharga itu. Karena sejatinya di saat itulah sesungguhnya harga seorang Einstein ditentuin.

Kenyataan ini ngajarin pada kita bahwa keseketikaan adalah racun yang bisa ngebunuh ingatan kita terhadap jasa "saat-saat", yaitu kumpulan waktu dan kesempatan yang nganter kita ke tangga kecemelangan. Keseketikaan juga bisa nyulap kita jadi mesin pembunuh "detil-detil", yaitu guru bijak yang ngajarin kita akan arti diri n lingkungan sekitar. Yang lebih bahaya, keseketikaan bisa jadi rahim yang ngelahirin generasi instan, yaitu jenis manusia yang kenal jalan "pintas & bebas hambatan" sebagai cara ngeraih kesuksesan.

Tapi, penolakan kita ama keseketikaan sering muncul tanpa kesadaran yang utuh. Ini terjadi karena ternyata keseketikaan mulai dijual dalam bentuk trik-trik, kiat-kiat, n cara-cara yang sangat mempesona bahkan menyihir. Pada stadium inkubasi, trik-trik ini bisa ngerusak akal sehat plus kealamiahan sikap penolakan kita. Stadium lanjutannya bisa ngebuat kita frustasi dalam memandang proses n ngiler dalam ngeliat capaian-capaian yang instant. Mula-mula kita coba nikmatin, meski kita harus ngerasain kekecewaan. Tapi kemudian kita mulai ngobatin kekecewaan itu dengan cara nyoba lagi. Begitu seterusnya, sampai kita hidup dengan kesadaran yang tertindas kaya gini : "Keseketikaan itu ga' enak, tapi ga' ada yang lebih enak dari nyoba keseketikaan itu. [Iyus feat. Djitoh]

No comments: